Kode Etik


Visi misi nilai budaya dan perilaku utama Insan Bank NTB Syariah

Bank NTB melakukan revalidasi atas visi, misi, nilai-nilai budaya perusahaan untuk memperoleh visi, misi, nilai-nilai budaya perusahaan baru sebagai Bank NTB Syariah. Visi, Misi dan Nilai–Nilai Budaya Perusahaan Bank NTB Syariah adalah:
 

Visi:

Menjadi Bank Umum Syariah yang Amanah, Terkemuka, dan Pilihan Masyarakat.                                                                                                                                                     

Penjelasan Visi:
  • Amanah: Seluruh sistem pengelolaan Bank NTB Syariah dilakukan dengan amanah, artinya dana yang ditempatkan oleh nasabah akan dipelihara dan dijaga, agar sampai kepada yang berhak, dan akan memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).
  • Terkemuka: bermakna sebagai bank syariah yang berpengaruh dalam industri perbankan, dikenal secara luas, selalu siap menghadapi perubahan-perubahan, dan mengutamakan pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui layanan prima.
  • Pilihan Masyarakat: bermakna sebagai bank syariah yang memiliki kinerja unggul, dan citra yang baik, serta memberikan kontribusi dan mendorong pertumbuhan perekonomian pelanggan dan masyarakat, terutama masyarakat NTB.
     
Misi
  1. Membaerikan pelayanan prima dan menyediakan produk perbankan syariah yang inovatif sesuai kebutuhan nasabah.
  2. Mengembangkan summber daya insani  yang professional dan sejahtera melalui penerapan sistem berbasis kinerja yang konsisten.
  3. Memperluas cakupan layanan untuk akses dan transaksi melalui penerapan teknologi yang handal.
  4. Memberikan kontribusi maksimal kepala pemegang saham dan meninggalkan peran kepedulian sosial
  5. Mendorong pertumbuhan perekonomian daerah
     
4 Nilai Budaya

 

Menjalankan amanah dan etika syariah

Memiliki integritas dan etos kerja

  • Manjalankan tugas dan pekerjaan sungguh sungguh secara professional dan penuh tanggung jawab yang berlandaskan etika syariah
  • Memiliki konsistensi dalam bertindak dan senantiasa memiliki semangat kerja tinggi

Melakukan penyempurnaan berkelanjutan

Melaksanakan sinergi dalam mencapai tujuan

  • Senantiasa melakukan penyempurnaan untuk memperoleh nilai tambah dan mencapai kinerja terbaik
  • Melaksanakan hubungan kerjasama yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan.

 

10 Perilaku Utama
  1. Jujur dan Ikhlas
  • Menepati janji sesuai komitmen
  • Memberikan informasi secara akurat dan terbaru
  • Bersedia meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran setiap saat di perlukan.
  1. Santun dan Ramah
    • Bersikap sopan, santun, dan ramah dengan sesama, nasabah, dan juga masyarakat
    • Melayani dengan senyum, sapa, salam dan berbagai situasi yang di hadapi
    • Bertutur kata dengan menggunakan Bahasa yang baik dan  benar
       
  2. Kompeten dan Bertanggung jawab
    • Menuntaskan pekerjaan sesuai kesepakatan waktu atau ketentuan yang sudah di buat sebelumnya, serta tidak menunda penyelesaian tugas
    • Melaksanakan amanah sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangan
    • Berani menerima kensekuensi atau resiko atas tindakann atau keputusan yang di ambil
       
  3. Disiplin dan Konsisten
    • Mematuhi ketentuan perusahaan yang berlaku termasuk tepat waktu pada setiap kehadiran dan kegiatan
    • Memprioritaskan kepentingan perusahaan di bandingkan kepentingan pribadi
    • Menumbuhkan dan memelihara kesadaran pentingnya penerapan reward dan punishment secara adil, objektif, transparan, dan konsisten
       
  4. Tangguh dan Berdedikasi
    • Gigih dan pantang menyerah dalam menghadapi tantangan
    • Bersikap positif dan menggunakan kemampuannya secara maksimal untuk keberhasilan perusahaan.
    • Berkomitmen dan mengabdi sepenuh hati kepada perusahaan
       
  5. Kreatif dan Inovatif
    • Aktif menyampaikan gagasan positif demi keajuan perusahan
    • Senantiasa melalukan pemutakhiran data atau informasi secara akurat
    • Aktif mencari ide untuk menghasilkan terobosan baru
       
  6. Selalu Belajar dan Mengembangkan Diri
    • Terbuka terhadap informasi, pengetahuan baru yang berkembang dan menunjang penyelesaian tugas, termasuk belajar mendiri untuk meningkatkan kuaitaspengetahuan
    • Memiliki kesediaan untuk senantiasa berbagai informasi atau keterampilan kepada rekan demi mengembangkan wawasan, keterampilan dan potensi yang diperlukan.
    • Mengidentifikasi kebutuhsan sebelum memulai pekerjaan dan mengevaluasi pelaksanaan setiap kegiatan yang dilakukan, guna mendapatkan masukan dan umpan balik
  7. Selalu Belajar dan Mengembangkan Diri
  8. Empati dan Proaktif
  9. Produktif dan Dinamis
  10. Harmonis dan Menghargai Keragaman